Dehidrasi – Apa itu Dehidrasi?

Standard

hausDehidrasi (”hypohydration”) didefinisikan sebagai kehilangan cairan tubuh yang berlebihan. Ini secara harfiah adalah penghilangan air dari obyek, namun dalam hal fisiologis, itu memerlukan kekurangan cairan dalam organisme.

Ada tiga jenis utama dari dehidrasi: hipotonik (terutama kehilangan elektrolit, natrium khususnya), hipertonik (terutama kehilangan air), dan isotonik (kehilangan air yang setara dan elektrolit). Pada manusia, jenis yang paling sering terlihat dari dehidrasi isotonik sejauh ini adalah (isonatraemic) dehidrasi yang efektif setara dengan hipovolemia, namun perbedaan dari dehidrasi isotonik hipotonik atau hipertonik dapat menjadi penting ketika mengobati orang yang mengalami dehidrasi.

Hipovolemia secara khusus penurunan volume plasma darah. Selanjutnya, hipovolemia mendefinisikan kekurangan air hanya dalam hal volume, bukan khusus air. Namun demikian, kondisi yang biasanya muncul secara bersamaan.

Fisiologis, penting untuk memahami dehidrasi bahwa, meskipun nama, tidak hanya berarti hilangnya air, seperti air dan zat terlarut (terutama natrium) yang biasanya hilang dalam jumlah yang hampir sama dengan bagaimana mereka ada dalam plasma darah.

Dehidrasi yang terbaik adalah dihindari dengan minum air yang cukup. Semakin besar jumlah air yang hilang melalui keringat, air lebih harus dikonsumsi untuk menggantinya dan menghindari dehidrasi. Karena tubuh tidak dapat mentoleransi defisit besar atau berlebihan dalam tubuh air total, konsumsi air harus sekitar bersamaan dengan hilangnya (dengan kata lain, jika ada yang berkeringat, kita juga harus minum air yang sering).

Untuk kegiatan rutin di mana seseorang tidak berkeringat untuk setiap tingkat besar, minum ketika seseorang haus cukup untuk mempertahankan hidrasi. Namun, selama latihan, mengandalkan rasa haus saja mungkin tidak cukup untuk mencegah dehidrasi dari terjadi. Hal ini terutama berlaku di lingkungan panas, atau bagi mereka yang lebih tua dari 65. Untuk sesi latihan, penentuan yang akurat berapa banyak cairan yang diperlukan untuk mengkonsumsi selama latihan dapat dibuat dengan melakukan pengukuran berat badan yang sesuai sebelum dan setelah sesi latihan yang khas, untuk menentukan berapa banyak cairan yang hilang selama latihan.

Minum air melebihi kebutuhan tubuh memerlukan sedikit risiko bila dilakukan di moderasi, karena ginjal efisien akan menghapus setiap kelebihan air melalui air kemih dengan margin besar keselamatan.

Tubuh seseorang, selama hari rata-rata di daerah beriklim sedang seperti Inggris, kehilangan sekitar 2,5 liter air. Ini bisa melalui paru-paru sebagai uap air, melalui kulit sebagai keringat, atau melalui ginjal sebagai urine. Air (jumlah kurang signifikan, dengan tidak adanya diare) juga hilang melalui perut. Dalam cuaca hangat atau lembab atau selama tenaga yang berat, bagaimanapun, hilangnya air dapat meningkat dengan urutan besarnya atau lebih melalui keringat, semua yang harus segera diganti. Dalam kasus ekstrim, kerugian mungkin cukup besar untuk melebihi kemampuan tubuh untuk menyerap air dari saluran pencernaan, dalam kasus ini, tidak mungkin untuk minum air yang cukup untuk tetap terhidrasi, dan satu-satunya cara untuk menghindari dehidrasi adalah baik pra -hidrat, atau menemukan cara untuk mengurangi keringat (melalui istirahat, pindah ke lingkungan yang lebih dingin, dll)

Sebuah aturan praktis yang berguna untuk menghindari dehidrasi pada lingkungan yang panas atau lembab atau selama aktivitas berat melibatkan pemantauan frekuensi dan karakter buang air kecil. Jika seseorang mengembangkan kandung kemih penuh setidaknya setiap 3-5 jam dan urin hanya ringan berwarna atau tidak berwarna, kemungkinan dehidrasi yang tidak terjadi, jika urin berwarna gelap, atau buang air kecil terjadi hanya setelah berjam-jam atau tidak sama sekali, air asupan mungkin tidak memadai untuk menjaga hidrasi yang tepat.

Ketika sejumlah besar air hilang melalui keringat dan bersamaan diganti dengan minum, menjaga keseimbangan elektrolit yang tepat menjadi masalah. Minum cairan yang hipertonik atau hipotonik sehubungan dengan keringat mungkin memiliki konsekuensi serius (hiponatremia atau hipernatremia, terutama) sebagai total volume air meningkat omset.

Jika air yang hilang melalui mekanisme normal seperti muntah atau diare, ketidakseimbangan dapat berkembang sangat cepat menjadi darurat medis.

Selama acara olahraga seperti maraton, berhenti air dan istirahat disediakan air untuk menghindari dehidrasi atlet.

Sumber: www.news-medical.net

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s